Mendengarkan : Homogenic – Let’s Talk EP [2012]

Saya bukan penulis, apalagi jurnalis musik. Saya hanya pendengar, yang kebetulan sudah mendengarkan Homogenic sejak album pertama mereka, Epic Symphony. Beberapa waktu lalu, tepatnya beberapa saat setelah paket berisi CD Let’s Talk EP mendarat di depan kamar saya, saya sudah sempat memposting cuap-cuap ini di akun Twitter. Anggap saja ini versi lebih panjangnya ya.
Terserah tulisan ini mau dikategorikan sebagai apa. Review atau apapun, namun saya lebih suka menyebutnya ‘curhat’. Subjektif? Bisa dibilang. Sudahlah, mari simak curhatan saya ….

Track 1 / Utopia (remix)
Ini merupakan versi daur ulang dari single lawas dari album kedua Homogenic (Echoes of The Universe). Cukup jauh berbeda dengan versi lawasnya. Intro di Utopia versi lama menurut saya adalah stopping power yang luar biasa. Kombinasi solo piano dan beat yang menggigit. Versi baru ini, entahlah, menurut saya belum mampu menghadirkan stopping power semacam di versi lamanya.
Track 2 / Get Up and Go
Single yang video klipnya baru saja dirilis beberapa saat lalu. ‘Aura’nya bubble pop banget. Upbeat dan riang. Sesuai dengan liriknya yang beraroma positif dan motivasional sekali. Haha. Sepertinya cocok untuk themesong bersepeda di pagi hari.
Track 3 / Dunia Ini Indah
‘Dunia ini indah, mengapa kau resah’. Sepertinya semakin ke sini nuansa musik dan lirik yang dibawakan oleh Homogenic semakin ‘cerah’ dan ‘berwarna’.
Track 4 / Takkan Berhenti Disini
Tidak terlalu upbeat seperti trek-trek sebelumnya. Liriknya mellow-galaw –meminjam istilah teman saya. Mengingatkan pada lagu Seringan Awan di album sebelumnya, namun dalam tempo yang sedikit di atasnya.
Track 5 / Walk in Silence (remix)
Single lawas lain yang di remake oleh Homogenic. Walk In Silence, diambil dari album Echoes of The Universe. Terlepas dari saya yang memang suka lagu ini sejak dulu, tapi versi remixnya keren sekali. Dibuat lebih ‘dreamy’, mengawang-awang di bagian reffrain, whatever istilahnya lah ya. Ini trek favorit saya dari Let’s Talk EP sampai sejauh ini.
Track 6 / Bayangan Menari
Lagi-lagi lagu upbeat. Kombinasi ‘heyhoheyhoo-heyho-haa’ dan solo piano di awal cukup keren sih menurut saya. Menggigit. Pertama kali mendengarkan lagu ini, I was like, ‘Eh, kirain Sampai Jumpa!’ –single di album sebelumnya. Tapi setelah part tersebut lewat, jauh berbeda kok.
Track 7 / Langkah Menyepi
Single paling downtempo di rilisan terbaru ini. Benar-benar berhasil membawa aura sunyi buat yang mendengarkan.

Jangan berharap menemukan lirik dan nuansa yang gloomy seperti di album pertama dan kedua Homogenic ya. ‘Cerah’. Seperti mendengarkan nuansa Frou Frou, beat dan atmosfer ‘ceria’ ala Owl City atau Swimming with Dolphin, lalu juga menemukan nada-nada ‘abstrak’ atau kurang awam ala The Postal Service. Benar-benar berwarna, seperti cover albumnya.

Special package Homogenic : CD, totebag & tshirt

Di luar musiknya, saya sedikit kecewa dengan packaging CD nya yang tidak dilengkapi booklet. Tempat menuangkan lirik, ucapan terima kasih dan details lainnya. Padahal, menurut saya, memutar CD itu pasti akan lebih asik kalo sambil membuka-buka booklet atau cover CD nya. Sedikit terobati dengan format penjualan CD yang di bundling dengan merchandise –sekalipun membeli CD tanpa merchandise nya pun tetap bisa. Paling tidak, buat yang (mengaku) ngefans Homogenic, special package ini sayang sekali untuk dilewatkan loh.

Advertisements

2 thoughts on “Mendengarkan : Homogenic – Let’s Talk EP [2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s